photo bannerline_zps7fd203ea.jpg

Selasa, 01 Juli 2014

Kitchen Set Murah yang Menguntungkan

Salah satu tempat favorit di rumah adalah dapur. Di dapur kita bisa bereksperimen menciptakan resep masakan baru. Fungsi dapur sebagai ruang
untuk memasak ini, juga membutuhkan berbagai peralatan furnitur dan interior yang tak kalah pentingnya dengan ruang tamu atau ruang  keluarga. misalnya kitchen set murah

Konsep interior yang dilakukan khusus ruang ini adalah konsep kitchen set. Kitchen set memiliki arti khusus bagi desain interior. Dapur tidak  hanya digunakan sekedar untuk memasak, tetapi juga merangkap media penyimpanan bahan-bahan makanan. Maka kitchen set merupakan salah satu alternatif untuk membuat ruang dapur Anda lebih efisien.
Kitchen set murah, bisa Anda jadikan sebagai interior untuk dapur Anda. Seperti kita ketahui, banyak penyedia jasa kitchen set murah dengan berbagai pilihan harga yang bervariatif. Dari yang menengah sampai yang murah. Kitchen set murah merupakan pilihan yang banyak dicari bagi ibu-ibu untuk mempercantik dapur kesayangannya.

Tidak mudah untuk bisa mendapatkan kitchen set murah yang sesuai dengan keinginan kita. Terlebih yang sesuai dengan budjet yang kita miliki. Rata-rata, di setiap rumah memiliki bentuk dapur yang relatif kecil, terutama bagi mereka yang memiliki tipe rumah minimalis. Perlu diketahui bahwa, ukuran dapur kita juga bisa mempengaruhi harga dari kitchen set murah yang Anda inginkan.


Alternatif Pilihan Kitchen Set Murah

Harga Kitchen set murah tidak hanya ditentukan dengan luas tidaknya ukuran dapur Anda. Kisaran harga kitchen set murah berada pada material dan desain kitchen set yang digunakan. Bisa saja, Anda yang memiliki ukuran dapur yang luas, bila sedikit cerdik memilih material bahan, kitchen set murah bisa Anda dapatkan. Sebaliknya, jika Anda tidak pintar-pintar memilih material bahan yang akan digunakan, meski ukuran dapur Anda kecil, /kitchen set/ murah tidak akan melekat di dapur Anda.

Pilihan kitchen set murah biasanya terletak pada ukuran ruang dapur yang Anda miliki. Biasanya ada dua jenis harga jasa kitchen set murah yang kita temui di pasaran. Pertama antara 1 – 1.5 juta permeter, dan kedua 2 – 2.5 juta permeter. Untuk bentuk dan fungsi kitchen set murah bervariasi. Standarnya kitchen set murah memiliki tiga zona, yaitu zona inti preparing, cooking dan cleaning. Namun sebagian jasa penyedia kitchen set murah menambah dua zona lagi yaitu penyimpanan (storage) untuk consumable area dan unconsumable area.

Pilihan kitchen set murah lainnya, bisa dikategorikan ke dalam tiga komponen. Pertama, dilihat dari harga kabinet dan table top yang ditentukan oleh desain dan pilihan materialnya. Kedua, penggunaan aksesoris meliputi rak-rak dalam kabinet, dalam laci dan sebagainya, dengan harga yang bervariasi tergantung jenis bahan. Dan yang terakhir, harga peralatan memasak yang digunakan. Khusus kategori yang terakhir, peralatan masak bisa dari Anda sendiri atau sepaket dengan kitchen setnya.

Material Kitchen Set Murah

Ketika ingin membuat desain kitchen set murah, yang harus Anda perhatikan adalah material pembuatnya. Jangan sampai Anda salah memilih material, sehingga kitchen set murah jauh dari jangkauan Anda. Yang ada Anda justru akan terjebak dengan material kitchen set yang mahal. Tentu Anda tidak mau bukan? Berikut beberapa gambaran material kitchen set murah yang bisa jadi patokan Anda:
  • Bahan dasar menggunakan Multipleks atau Plywood kualitas terjamin. Bahan dasar Multipleks yang berkualitas jauh lebih baik dari pada Partikel Board dan MDF, yang lebih mahal.
  • Jenis finishing yang digunakan. Finishing yang digunakan terdiri dari tiga jenis, yaitu HPL (High Pressure Laminate), yang tidak berubah warna setelah pemakaian bertahun-tahun, dan mudah dibersihkan, serta tahan terhadap minyak dan panas. Jadi ketika memasak Anda tak perlu khawatir dengan masalah dapur kotor. Jenis kedua adalah /Melamic/, yang merupakan jenis /finishing/ semprot dengan tetap menampakkan tekstur dasarnya, sehingga terlihat elegan. Terakhir penggunaan cat Duco, yang menggunakan standar cat mobil dengan lapisan fernis, sehingga tahan terhadap goresan.
  • Table Top. Khusus table top gunakanlah /granite/ dengan pilihan  glossy dan /doft/. Bisa juga Anda menggunakan /formatop/ atau solid surface, sehingga kitchen set murah Anda terlihat lebih bagus dan elegan. 


Jenis Material Kayu Kitchen Set Murah yang Dihindari

Untuk membuat kitchen set murah idaman Anda, Anda harus cermat memilih material kayu yang akan digunakan. Jika Anda salah pilih, kitchen set murah tidak akan Anda dapatkan. Akan lebih bijaksana jika Anda lebih selektif memilih, sehingga material untuk kitchen set murah tidak terkesan murahan.

Kayu-kayu yang digunakan untuk membuat kitchen set murah banyak macamnya. Dari yang berkualitas baik sampai yang tidak tahan lama. Tetapi murah bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan material kayu yang berkualitas. Kualitas material kayu bisa juga ditentukan oleh
proses pengolahan.

Namun ada baiknya jika Anda tau jenis kayu yang harganya relatif mahal, sehingga kitchen set murah impian bisa Anda dapatkan tanpa menggunakan material kayu yang mahal-mahal. Salah satu material kayu yang sebaiknya Anda hindari adalah kayu Solid.

Kayu Solid ini merupakan kayu yang kuat dan paling tahan lama dibanding dengan kayu olahan lainnya. Persediaannya yang terbatas, membuat harga kayu ini pun sangat mahal. Dilihat dari proses
pembuatannya pun membutuhkan keterampilan khusus. Adapun jenis kayu yang digunakan sebagai berikut:
  • Kayu Jati. Indonesia termasuk penghasil kayu jati yang cukup baik. Sehingga, kayu jati banyak diminati karena kualitas, ketahanan terhadap cuaca, tahan rayap, dan serta kayunya yang menarik. Jati termasuk jenis kayu kelas satu yang banyak diolah menjadi furniture berkelas.
  • Kayu Sungkai. Kayu Sungkai termasuk jenis Jati, tetapi harganya lebih murah. Memiliki serat lebih lunak dan warnanya pun lebih terang dari kayu Jati. Meski pun harganya lebih murah dari kayu  Jati. Kayu Sungkai masih lebih mahal dari kayu Nyatoh.

  • Kayu Nyatoh. Kayu ini berasal dari Riau. Memiliki serat kayu yang berwarna coklat muda dengan guratan yang khas. Keunggulan kayu ini juga tahan terhadap rayap dan tahan lama. Untuk harganya, meski kualitasnya masih dibawah Jati, tetapi masih relatif mahal jika dibandingkan dengan harga kayu olahan lainnya.

Kitchen set murah meriah yang menarik bukan hanya dilihat dari harga material yang digunakan lebih miring saja, tetapi juga bisa dilihat dari berbagai faktor. Misalnya ukuran besar kecilnya kabinet, higienis tidaknya material yang digunakan, dan sebagainya. Sekali lagi kitchen set murah bukan berarti murahan. Berikut beberapa kiat untuk mendapatkan kitchen set murah yang baik:
  • Pilih bahan baku yang berkualitas, anti rayap, dan tidak mudah memuai. Pilihlah /finishing/ anti air dan minyak seperti HPL, Gloss, Duco, Melamic.

  • Supaya kitchen set Anda higienis, table top sebaiknya terbuat dari bahan yang berpori-pori kecil, tahan gores dan tahan panas.

  • Perhatikan ukuran-ukuran kabinet, laci dan /table top/nya. Semua ukurannya harus presisi sehingga terlihat rapi. Jangan lupa sesuaikan juga ukuran /kitchen set/ dengan peralatan masak yang Anda     pakai.

  • Pastikan /fitting/ seperti handel, engsel, rel laci, yang baik dan tahan lama. Tidak perlu yang mahal, pilihlah yang kualitasnya cukup baik.

Pilihan ada di tangan Anda. Bila Anda bijak memilih, kitchen set murah akan menghiasi dapur Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar