photo bannerline_zps7fd203ea.jpg

Minggu, 13 Juli 2014

Desain Interior Dapur Idaman

Dapur merupakan bagian penting dari sebuah rumah tinggal. Di sanalah, Anda menyiapkan hidangan makanan dan minuman lezat untuk disantap bersama keluarga.

Dapur yang bersih dan nyaman tentu menambah semangat Anda untuk menyiapkan makanan bergizi untuk keluarga. Tidak hanya nyaman dan bersih, dapur juga harus aman digunakan.

Dapur idaman setiap keluarga tentu saja yang ruangannya luas, bersih, rapi, dan lengkap peralatannya sehingga memudahkan pengguna dapur untuk memasak. Namun, bagaimana dengan Anda yang tinggal di sebuah rumah mungil? Apakah luas rumah menjadi halangan untuk memiliki dapur impian?

Tentu saja tidak. Kita dapat memiliki dapur idaman di rumah mungil hanya dengan membuat desain interior dapur yang fungsional. Di bawah ini, ada beberapa tips bermanfaat untuk Anda yang ingin memiliki dapur yang nyaman, aman, dan bersih.
 
  • Berikan jendela dan ventilasi yang cukup agar dapur terang benderang dan udara bebas keluar masuk. Hal ini berguna apabila terjadi kebocoran gas elpiji juga agar asap kompor Anda tidak memenuhi dapur.
  • Untuk menghemat ruangan, Anda bisa memasang lemari kitchen set yang digantung. Pilih warna yang serasi dengan peralatan dapur Anda agar enak dipandang. Misalnya, bernuansa merah marun atau krem. Lemari ini bisa Anda pesan di tukang kayu atau membeli jadi di toko.
  • Dapur tidak harus di dalam rumah. Teras belakang rumah juga bisa jadi pilihan lokasi dapur bila rumah Anda sempit. Kelebihannya, Anda lebih leluasa memasak. Selain itu, ruang terbuka akan lebih aman jika tabung gas Anda mengalami kebocoran.
  • Bila dapur Anda di dalam rumah, ada baiknya berinvestasi membeli alat penghisap asap agar tidak pengap.
  • Jangan meletakkan terlalu banyak barang di dapur Anda karena menyulitkan ruang gerak ketika beraktivitas. Peralatan rumah tangga seperti kulkas dan dispenser bisa Anda simpan di ruang makan.
  • Perhatikan keamanan dapur Anda, terutama bagi anak-anak. Simpan benda tajam seperti pisau dan parutan di dalam lemari atau laci. Pilih meja yang sudutnya tidak lancip, keramik lantai yang tidak licin, stop kontak sebaiknya ditutup atau diletakkan di atas dan jauh dari jangkauan anak-anak Anda.


Menata Desain Interior Dapur


Bicara mengenai dapur, kita tahu bahwa dapur merupakan salah satu ruangan terpenting dalam suatu rumah. Di dapur inilah, semua makanan penghuni rumah di buat dan sehat tidaknya suatu makanan tergantung juga
terhadap kesehatan dapur itu sendiri.

Mendesain rumah memang sangat menyenangkan apalagi bila kita sendiri yang membuat desainnya, rasanya kalau membuat desain rumah sendiri itu ada kepuasan tersendiri. Kenapa begitu? Ya, nanti kalau rumah yang kita desain tersebut sudah jadi dan menjadi rumah yang indah, maka tidak hanya kita saja yang senang akan tetapi dapat menarik perhatian orang-orang yang melintas di depannya.

Begitu juga dengan desain interior rumah. Dalam rumah juga harus di desain dengan baik, karena desain interior baik juga akan memberikan nilai lebih pada rumah dan pemiliknya. Ada baiknya, bila anda ingin
mendesain interior rumah anda, pilihlah desain yang sesuai dengan desain rumah.

Walaupun desain rumah dan interior rumah menjadi indah, akan tetapi rasa-rasanya masih kurang lengkap bila dapur tidak di desain. Kalau dapur itu tidak perlu di desain, toh letaknya di belakang, tidak terlihat?

Walaupun begitu, tetap saja dapur harus di desain dengan baik, Mengapa? Karena tujuan desain interior dapur itu untuk mendapatkan dapur yang baik dan nyaman, baik secara penampilannya, tampilan dapur yang baik maksudnya adalah rapi, bersih, sehingga dapur tersebut terjaga kesehatannya.

Kalau dapur kita bersih, rapi dan sehat, tentunya makanan yang dimasak di dapur pasti lebih enak, dan terjaga kesehatannya. Lalu apa hubungannya dengan makanan jadi lebih enak? Pasti ada. Kalau dapur kita
bersih, rapi, ibu atau istri pasti senang, jadinya dia memasak dengan penuh cinta, sehingga berpengaruh sama masakannya.

Desain interior dapur mempunyai keuntungan lainnya juga. Apa itu? Yaitu dapat memberikan nilai lebih pada interior rumah. Tapi bukankah itu mahal? Untuk desain interior dapur tidak perlu yang mahal-mahal, yang
penting setiap cabinetnya sesuai dengan fungsinya saja. Contohnya ada tempat untuk taruh bumbu dapur, ada juga untuk piring, kinchen sink’a dan lainnya.

Desain dapur modern saat ini, letaknya sudah tidak lagi dibelakang, tetapi ada juga yang di depan, menyatu dengan ruang keluarga, atau ruang tengah. Mengapa bisa begitu? Hal ini karena desain interior dapur, di desain dengan baik, dapur jadi lebih indah, rapi, dan bersih, dan jadi lebih enak untuk dilihat.


Ragam Desain Dapur

1. Single Line Kitchen 
Layout ini berupa sebuah garis linier. Artinya, seluruh aktivitas dapur menempel di dinding. Tipe ini cocok untuk ruangan sempit, memanjang atau untuk dapur mungil. Bak cuci biasanya diletakkan di tengah, diapit kompor dan kulkas. Sangat cocok untuk ruang sempit dan kecil.

2. Double Line Kitchen
Layout dapur seperti ini bisa diletakkan pada kedua sisi dinding yang saling berhadapan, bisa pula pada salah satu sisi dinding dan area di tengah ruang. Layout yang kedua membuat area yang berbeda di tengah bisa diakses dari dua arah.

Sebagai alternatif penataan, dapur bisa ditata menjadi zona masak dan air bersih untuk satu sisi, sementara di sisi lain untuk zona penyimpanan. Alternatif lain lagi, dapur dirancang dengan zona masak yang terpisah, sementara di kedua zona yang lain diletakkan di sisi yang sama.

3. Dapur Tipe L

Dapur ini menciptakan area sirkulasi yang optimal atau ruang gerak yang lapang bagi penggunanya. Amat cocok untuk tipe dapur besar maupun kecil. Sebagai alternative penataan, gunakan sisi panjangnya sebagai zona memasak dan letak bak cuci, sementara zona penyimpanan diatur di sisi yang lain. Jika salah satu sisi L terlalu panjang, letakkan tiga zona tadi di sudut. Dengan demikian letaknya saling berdekatan.


4. Dapur Tipe U
Merupakan salah satu tipe dapur yang dapat menciptakan tempat penyimpan yang cukup banyak da efektif, ketiga sisinya bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan. Penataan zonanya juga lebih fleksibel, tergantung kebutuhan penggunanya.


5. Dapur dengan Island
Biasanya layout-nya terbentuk dari tipe single line atau tipe L dengan tambahan island (meja tengah). Selain berupa meja permanen, island juga bisa berupa meja kerja berbentuk troli yang mudah dipindahkan. Dapur ini banyak disukai, sebab perancangannya banyak dan fleksibel. Fungsi island sendiri tidak hanya sebagai meja kerja atau kompor, namun bisa pula berfungis sebagai pemisah dapur dan ruang dengan denah terbuka.


Menciptakan Dapur Sehat

Dapur memiliki peranan penting dalam sebuah rumah. Di sinilah bahan makanan, yang diperlukan bagi kehidupan penghuninya, diolah menjadi makanan yang siap untuk disajikan dan disantap. Karena peranan tersebut, dapur harus selalu terjaga kesehatan dan keamanannya.

Dapur yang tidak sehat akan mempermudah pertumbuhan bakteri dan virus, yang dapat meracuni makanan serta mempengaruhi kesehatan manusia penghuninya. Dapur juga sangat rentan terhadap keamanan, karena di dalamnya terdapat berbagai peralatan, sumber daya, dan bahan bakar.

Jika kesehatan dan keamanan dapur anda tidak diperhatikan, maka dapat mengancam kesehatan keluarga anda. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan untuk menciptakan dapur yang sehat dan aman di rumah anda, antara lain:


1. Pencahayaan

Pastikan area dapur anda cukup mendapatkan cahaya matahari. Pencahayaan alami penting peranannya bagi dapur. Selain diperlukan untuk penerangan dan membunuh bibit-bibit bakteri, juga dapat menghindarkan dapur dari binatang pengganggu, seperti kecoa dan tikus yang menyenangi sudut-sudut ruangan yang gelap dan lembab.


 2. Penghawaan

Pastikan area dapur memiliki ventilasi (bukaan jendela dan pintu) yang baik untuk kelancaran sirkulasi udara. Bukaan tidak hanya pada satu sisi saja melainkan pada dua sisi atau lebih, supaya tercipta ventilasi silang. Asap dan uap dari hasil proses memasak harus segera dialirkan keluar dan digantikan dengan udara segar.


3. Material

Pilihlah material dinding yang tahan terhadap panas dan uap. Keramik banyak digunakan sebagai dinding dapur, karena selain kuat dan mudah dibersihkan, harganya pun lebih terjangkau daripada granit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar