photo bannerline_zps7fd203ea.jpg

Minggu, 13 Juli 2014

Interior Dapur

Interior dapur seperti apa yang Anda inginkan? Interior dapur adalah salah satu hal penting dalam sebuah rumah. Ya, ruangan dapur dianggap sebagai bagian penting dari sebuah hunian tempat tinggal. Di sanalah, penghuninya menyiapkan berbagai hidangan makanan serta minuman segar untuk dinikmati bersama.

Ruang dapur yang nyaman sekaligus bersih tentu akan semakin menambah semangat seorang ibu untuk menyiapkan hidangan bergizi untuk keluarga tercinta. Tidak hanya nyaman dan juga bersih, dapur pun harus aman untuk dipakai. Dapur idaman bagi setiap keluarga pasti ruangannya luas, rapi, bersih, dan peralatannya lengkap sehingga pengguna dapur lebih mudah untuk memasak.

Lalu, bagaimana dengan orang-orang yang berdiam di sebuah rumah minimalis atau mungil? Apakah rumah yang mungil menjadi halangan untuk mewujudkan memiliki dapur impian? Jawabannya tentu saja tidak. Kita
semua bisa mempunyai dapur idaman di rumah minimalis hanya dengan merancang desain interior dapur yang bersifat fungsional.


Tip-tip Membuat Interior Dapur Idaman

Ingin tahu seperti apa tip-tip membuat interior ruang dapur idaman? Berikut ini tip-tip bermanfaat bagi Anda yang ingin mempunyai dapur nyaman, bersih, dan juga aman.
  • Hadirkan jendela dan ventilasi yang memadai agar ruang dapur menjadi terang dan udara pun akan bebas keluar masuk. Hal ini tentu saja sangat bermanfaat jika terjadi kebocoran gas elpiji atau agar asap kompor tak memenuhi ruangan dapur.
  • Untuk lebih menghemat ruangan, Anda dapat memasang lemari kitchen set yang digantung. Pilihlah warna yang sesuai dengan peralatan dapur sehingga sedap dipandang mata. Contohnya, warna bernuansa merah marun atau warna krem. Lemari tersebut dapat dipesan di tukang kayu atau bisa juga membelinya langsung di toko furnitur.
  • Ingat, ruang dapur tak harus ada di dalam rumah. Teras di belakang rumag pun dapat dijadikan pilihan sebagai area dapur jika memang rumah Anda sempit. Ada satu kelebihannya, yaitu kita akan lebih leluasa untuk memasak. Di samping itu, ruang terbuka akan jauh lebih aman bila tabung gas di dapur mengalami kebocoran.
  • Jika dapur dibangun di dalam rumah, sebaiknya Anda berinvestasi membeli alat penghisap asap supaya ruangan tidak pengap. 
  •  Pilihlah peralatan dapur sesuai dengan ukuran ruangan dapur. Untuk dapur yang cukup mungil, berbagai peralatan dapur seperti kursi, tempat sampah, panggangan roti, serta peralatan lainnya yang berdesain minimalis atau modern, dapat dijadikan pilihan.
  • Agar tetap dan selalu rapi, cobalah beli beberapa kotak plastik seperti produk Tupperware dan lock n’ lock untuk menyimpan berbagai bumbu masakan, kue kering, makanan instan, serta barang lainnya yang     tak dimasukkan ke dalam lemari dapur.
  • Jangan menyimpan barang terlalu banyak di ruangan dapur sebab bisa menyulitkan ruang gerak saat beraktivitas. Alat-alat rumah tangga seperti dispenser dan kulkas dapat disimpan di ruangan makan.
  • Perhatikan juga keamanan ruangan dapur, terutama keamanan untuk anak-anak. Simpanlah benda-benda tajam seperti pisau, parutan, dan benda sejenisnya di dalam lemari atau di dalam laci. Pilih juga meja yang sudutnya tak lancip, keramik lantai yang tak licin, dan sebaiknya juga stop kontak ditutup atau bisa juga disimpan di atas dan jauh dari jangkauan tangan anak-anak.


Interior Dapur - Mengusir Udara Panas di Dapur yang Sempit

Dapur sempit sering sekali mempunyai sirkulasi udara yang kurang baik. Kurangnya sirkulasi atau bukaan pada ruangan dapur tentu akan mengganggu jalannya udara. Tapi, ada banyak cara untuk mengurangi panas di ruangan dapur sempit Anda. Dalam hal ini, sirkulasi yang buruk pada dapur merupakan penyebab utama hawa panas itu muncul.

Udara panas yang semestinya naik menuju ke atas tidak dapat mengalir karena tempat lain. Keadaan seperti ini tentu akan begitu mengganggu para penghuni rumah. Oleh sebab itulah, simak tip-tip berikut untuk
menyiasatinya.
  • Bila rumah sudah memakai atap dari seng, sebaiknya di bagian atap dapur atau tepatnya di bawah atap seng, dilapisi dengan spon.
  • Pemasangan plafon yang letaknya lebih tinggi dengan model atap betingkat (jack roof) dapat dijadikan sebagai sebuah solusi.
  • Manfaatklanlah lubang yang ada di setiap atap untuk difungsikan sebagai bukaan aliran udara panas.
  • Ciptakanlah desain yang dapat memastikan aliran udara bersirkulasi lewat bukaan jendela ataupun pintu dapur yang menhadap ke ruangan terbuka. Caranya adalah dengan menempatkan ruang dapur di dekat     ruangan terbuka, bukan di bagian tengah ruangan rumah. Ruang dapur dengan sirkulasi udara yang bagus tentu akan membuat para ibu nyaman saat memasak.


Interior Dapur Penggemar Pizza

Penggemar pizza yang benar-benar penggemar berat pizza tidak akan puas makan pizza dengan roti yang tidak terlalu garing. Persyaratan interior dapur penggemar pizza harus mempunyai tungku khusus pemanggang pizza demi memuaskan dahaga makan pizza rasa original.


1. Tungku Pemanggang

Agak sulit membuat tungku khusus pemanggang pizza dari tungku tradisional kayu bila tanah yang diperuntukkan bagi dapur hanya 3x4 meter persegi. Jalan terbaik mungkin hanya dengan menggunakan tungku modern produksi LG yang baru saja diluncurkan pada Desember 2010. Sebuah tungku gelombang mikro yang bisa membantu memasak makanan lebih cepat. Tungku modern ini tidak terlalu besar dan sangat cocok bila tema dapur futuristik.

Kalaupun masih terlalu mahal, ada tungku lain yang biasa dipakai untuk memanggang jagung, ikan, dan makanan lain. Harganya cukup bervariasi sesuai dengan ukurannya. Misalnya, Indokamado keramik BBQ grilldengan berat 50kg, diameter 32cm, harganya 2,25 juta rupiah. Tungku ini bisa dipindahkan. Jadi, bila sedang tidak dipakai, tungku bisa disimpan di gudang.

 
2. Kitchen Set

Bagi penggemar pizza, selain kitchen set, dia membutuhkan meja tambahan untuk membuat adonan pizza. Oleh karena itu, agar tetap terlihat modern, dapur tersebut dibuat seperti sebuah dapur demo untuk acara masak di TV. Agar dapur terlihat alami, kitchen set dipilih yang berwarna alami (coklat). Pada sisi kanan kitchen set, ada kulkas dua pintu tempat menyimpan sayuran perlengkapan pizza, seperti tomat, jamur, origano, dan bumbu-bumbu serta saos tomat siap saji.

Sink ditempatkan di sisi kiri. Karena masakan yang sering dibuat berbau tajam akibat bumbu yang sangat kaya, alat penghisap bau sangat diperlukan. Sebenarnya, bila tak ingin repot, LG sudah mempunyai produk
khusus kitchen set. Mulai kulkas, microwive, dan kompor empat tungku lengkap dengan pemanggang di bawahnya. Namun, mungkin terlihat begitu futuristik dan tidak sesuai tema rumah. Kalaupun mau mencobanya, tidak jadi masalah. Apalagi, dana yang dimiliki cukup.

Dapur orang yang suka masak memang agak berbeda dengan orang yang tidak terlalu suka masak. Biar tidak terlalu makan tempat, peralatan masak bisa juga digantung di beberapa tempat. Bahkan, gantungan panci tersebut bisa menjadi alat panggil pertanda makanan siap disantap. Acara makan pasti lebih seru bila sudah seperti ini.


3. Meja Dapur

Meja dapur dibuat multi fungsi. Bila sedang tidak digunakan untuk menyiapkan berbagai adonan masakan, meja dapur berfungsi sebagai meja makan yang cukup menampung 4 orang. Kursi yang dipakai adalah kursi
lipat cantik berwarna oranye. Mengapa oranye? Karena warna ini dapat membangkitkan selera makan. Bila perlu, cat dinding dapur juga berwarna oranye. Kalaupun tidak, keramik dapur bisa berwarna senada dengan kursi makan.

Itulah info seputar desain interior dapur. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar