photo bannerline_zps7fd203ea.jpg

Selasa, 01 Juli 2014

Kitchen Set Kebutuhan Masa Kini

Menyebut kitchen set, pasti Anda terbayang akan suasana dapur. Dapur yang nyaman dan tertata rapi bahkan dengan penataan yang memikat. Sehingga dapur tak lagi identik dengan jelaga, cipratan minyak atau lantai yang lengket. Ringkasnya, kitchen set dapat dikatakan sebagai perlengkapan dapur yang multifungsi.

Dulu, dapur dipenuhi dengan aneka barang dan perlengkapan untuk memasak. Kondisinya cukup “ramai”. Sekarang dapur sudah beralih fungsi tak hanya sekadar tempat memasak. Dapur pada rumah keluarga menengah di kota-kota besar sudah mengaplikasikan kitchen set di dalamnya. Dapur juga dapat menjadi ruangan yang nyaman untuk bercengkerama dengan anggota keluarga lainnya. Bukan pemandangan aneh jika sebuah televisi pun terpasang di sana.

Kitchen set seharusnya memiliki fasilitas penyimpanan, fasilitas pencucian hingga fasilitas untuk kerja. Fasilitas penyimpanan diwakili oleh kabinet dan lemari es. Fasilitas pencucian sudah tentu diwakili oleh bak cuci piring. Fasilitas kerja diakomodir oleh kompor, microwave atau oven serta top table.

Kabinet pada kitchen set biasanya terdiri atas kabinet atas, kabinet bawah dan dilengkapi dengan penghisap asap. Kabinet atas digunakan untuk menyimpan peralatan makan dan pernak-pernik ukuran kecil lainnya. Sementara kabinet bawah biasanya dibuat dengan dak beton berlapis keramik dan dilengkapi ruang kabinet yang cukup luas sehingga dapat digunakan untuk menyimpan peralatan memasak ukuran besar seperti panci, penggorengan, dan sebagainya.

Penghisap asap biasanya ditempatkan tepat di atas kompor. Gunanya untuk mencegah asap mengotori dapur dan membuat masalah lain yang merugikan. Selain itu, kitchen set juga menyediakan tempat untuk kompor dan bak pencuci piring yang terintegrasi dengan baik. Kitchen set memudahkan orang untuk menemukan letak barang karena pembagiannya sudah cukup jelas. Selain kenyamanan, keindahan dapur yang terpelihara kitchen set juga menjanjikan kemudahan. Dewasa ini, desain dapur pun mendapat perhatian yang tak kalah besar dari ruangan lain. Kini dapur pun memiliki beberapa jenis. Sebuah rumah tidak jarang memiliki dua dapur sekaligus. Apa sajakah itu?
Dapur Basah
Di dapur ini berlangsung kegiatan memasak sejak awal, mulai dari menyiapkan bahan makanan hingga kemudian mengolahnya menjadi makanan yang lezat dan sehat. Dapur ini biasa disebut juga dengan area servis atau dapur kotor.
Dapur Kering
Sesuai namanya, dapur ini memang dimaksudkan untuk tetap kering. Di sini biasanya menjadi tempat pengolahan makanan secara praktis dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Misalnya saja untuk membuat roti panggang saat sarapan. Dapur ini juga disebut dengan dapur bersih. Dapur ini biasanya dilengkapi dengan kitchen set sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman. Dapur kering biasanya menyatu dengan ruang makan atau ruang keluarga. Fungsi utamanya adalah sebagai tempat penyimpanan makanan kering, menghangatkan makanan, dan membuat bahan makanan yang praktis.


Kitchen Set, Kebutuhan atau Gaya Hidup?

Di satu sisi, keberadaan kitchen set sudah menjadi gaya hidup bagi segelintir keluarga. Banyak para ibu yang sangat membanggakan dapurnya yang sudah dilengkapi dengan aneka peralatan modern. Kitchen set saat ini sama pentingnya dengan ruang tamu. Barang-barang mewah tidak tampak aneh jika ditempatkan di sana. Namun, di sisi lain tidak ada yang bisa mengabaikan kebutuhan akan kitchen set. Kehidupan yang semakin modern dan maju mau tak mau menempatkan kitchen set sebagai salah satu kebutuhan penting. Apalagi saat ini masyarakat semakin menyadari pentingnya kebersihan dan kerapian. Kitchen set adalah salah satu cara untuk mendapatkan keinginan tersebut.

Kitchen set dapat memenuhi keduanya sekaligus sebagai kebutuhan dan gaya hidup juga. Apalagi kini orang lebih menyukai hal-hal serba praktis. Kehadiran kitchen set ini tidak dapat diabaikan begitu saja. Karena kini sudah menjadi bagian dari sebuah rumah yang cukup penting. Kitchen set zaman sekarang tidak melulu menjadi pelengkap dapur belaka. Kitchen set juga mempermanis dapur sehingga berestetika dan menawan serta membuat betah penghuninya.


Kitchen Set dan Kesalahan

Memilih dan membuat kitchen set pun harus berhati-hati. Ada beberapa kesalahan yang mungkin saja terjadi karena Anda tidak teliti. Mungkin ada di antaranya yang dianggap tidak penting namun harus tetap dicermati. Beberapa di antaranya meliputi hal-hal berikut.


Luas Ruangan

Luas dapur harus menjadi pertimbangan utama sebelum memutuskan untuk memilih desain kitchen set. Dapur yang pas-pasan tentu membutuhkan pengaturan yang berbeda dibanding dapur yang cukup luas.

Meskipun suatu model sudah terlanjur memikat Anda, bukan berarti harus memindahkannya telak-telak ke dapur di rumah. Pertimbangkan luas dapur agar kitchen set tidak menimbulkan kesan “sesak dan penuh”. Nantinya, Anda tidak akan betah berada di dapur yang sempit ini.

Pencahayaan

Pastikan kondisi pencahayaan di dapur Anda. Biarkan sinar matahari secara leluasa masuk ke dapur kesayangan. Selain bisa membunuh bakteri, sinar matahari juga membuat dapur terasa nyaman. Penerangan yang terlalu redup tidak akan nyaman bagi mata dan malah akan mengundang berbagai binatang untuk turut menetap di dapur. Sebut saja misalnya tikus atau kecoak.


Hawa

Jangan pernah melupakan jendela atau ventilasi untuk dapur Anda. Dapur yang baik harus memiliki sirkulasi udara yang baik pula. Asap dan uap hasil dari proses memasak harus segera diganti dengan udara yang segar. Penghisap asap saja tidak cukup untuk melakukan tugas itu. Dapur harus dilengkapi jendela dan ventilasi yang cukup untuk menjamin sirkulasi udara berlangsung lancar.


Kebersihan

Tahukah Anda kalau dapur merupakan area paling kotor di dalam rumah? Lingkungan dan peralatan dapur yang lembap menjadi tempat yang paling banyak ditinggali bakteri. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Charles Gerba menyimpulkan bahwa kamar mandi merupakan tempat yang jauh
lebih bersih dibanding dapur. Spons yang berada di bak cuci piring mengandung hingga 50 juta bakteri.

Sayangnya, orang sering lalai menjaga kebersihan di area dapur. Sampah dibiarkan teronggok berhari-hari dan bak penampung air di belakang kulkas tidak pernah dibersihkan. Padahal, itu membuat jamur berkembang biak dengan sangat leluasa dan bisa mengganggu kesehatan.


Peralatan

Pilih dan gunakan peralatan elektrik Anda dengan efisien. Barang-barang ini sebaiknya tidak terlalu sering digunakan misalnya saja microwave. Benda ini memang membuat semuanya lebih praktis namun juga mengurangi kandungan gizi pada makanan.

Letakkan kompor dan pisau di tempat yang aman dan tidak terjangkau oleh anak-anak. Usahakan juga menghindari penggunaan plastik sebagai peralatan makan karena zat kimianya dapat mengontaminasi makanan.

Bahan atau Material

Pilihlah bahan yang tepat untuk kitchen set Anda. Untuk ini Anda dapat berkonsultasi dengan ahlinya. Pilih dinding dapur dengan material yang tahan terhadap uap dan panas. Keramik banyak digunakan karena mudah dibersihkan dan harganya cukup terjangkau.


Biaya

Banyak orang yang memilih menekan biaya sehingga memilih kitchen set dari bahan yang kurang baik. Padahal, pemakaian kitchen set ini dimaksudkan untuk jangka panjang dan bukan hanya satu-dua tahun saja. Jangan sampai biaya yang hemat justru membuat kitchen set Anda tidak bermanfaat.


Produsen

Hati-hati memilih produsen. Banyak orang yang tertipu dan akhirnya kecewa dengan hasil kerja produsen yang sudah dipilih. Sebaiknya, cari informasi sebanyak-banyaknya sebelum memilih produsen untuk kitchen set Anda. Apalagi ini merupakan perabotan yang tidak tergolong murah.


Fungsi

Jangan lupakan fungsi sebenarnya dari kitchen set. Model yang menarik belum tentu cocok dengan kondisi dapur Anda. Utamakan fungsinya.

Bagaimana? Siap memesan kitchen set idaman Anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar